RENCANA PELAKSANAAN PERENCANAAN KURIKULUM-13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah/Satuan Pendidikan        : SMA NEGERI 1 LOLOWA’U
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                            : X/1
Materi Pokok                              : Struktur, kaidah, dan makna teks anekdot
Alokasi Waktu                            : 2  Pertemuan( 4 Jam Pelajaran x 45 menit)

A.    Kompetensi Inti                   :

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Pencapaian Indikator Kompetensi
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
2.1  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun  dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1)      Menentukan struktur teks anekdot
2)      Menentukan kaidah/ ciri bahasa teks anekdot
4.1  Menginterprestasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
1)      memaknai isi teks anekdot

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses mengamati berbagai fakta , menanya konsep, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan,peserta didik dapat:
1.      mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot
2.      menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot
3.      menentukan struktur teks anekdot
4.      menentukan kaidah/ ciri bahasa teks anekdot
5.      memaknai isi teks anekdot


D.    Materi Pembelajaran
1.Fakta
      Teks anekdot (halaman  112 dan114)
2.Konsep
a.    Struktur teks anekdot
Struktur teks anekdot adalah  abstraki, orientasi, krisis
b.   Kaidah/ciri bahasa teks anekdot
Ø antonim
Ø konjungsi
c.    Makna teks anekdot
3.Prinsip
a.    Struktur teks anekdot
b.   Kaidah/ciri bahasa teks anekdot

4.Prosedur
      Struktur teks anekdot

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Saintifik
  1. Model Pembelajaran   : inquiry, cooperative integrated reading and composition (circ)
3.      Metode                        : inkuiri, dikusi, penugasan

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
2.      Alat:, teks anekdot
3.      Sumber Belajar
·      Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik . 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Handiyani, Seni dkk. 2013. Bahasa Indonesia 1. Bandung: Facil.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan  Pertama
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon  salam tanda mensykuri anugerah Tuhan  dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Peserta didik mengambil undian bertuliskan nomor 1,2,3,4.
5.   Peserta didik berkelompok sesuai dengan nomor yang sama dengan jujur.
15  menit
Inti
1.      Peserta didik membaca teks anekdot dengan disiplin (mengamati).
2.      Peserta didik mencermati struktur dan kaidah/ciri bahasa teks anekdot dengan disiplin (mengamati).
3.      Peserta didik bertanya jawab dengan proaktif tentang struktur dan kaidah/ciri bahasa teks anekdot dengan disiplin (menanya).
4.      Secara berdiskusi peserta didik menetukan struktur dan kaidah/ciri bahasa teks anekdotdengan penuh tanggung jawab. (mencoba dan mengasosiasi)
10 menit

10 menit


15 menit

30 menit

Penutup
1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran.
3.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai..
10  menit 

     Pertemuan Kedua

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon  salam tanda mensykuri anugerah Tuhan  dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
2.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.      Peserta didik berkelompok sesuai dengan dengan kelompok sebelumnya dengan tertib.
10  menit
Inti
1.      Secara berdiskusi peserta didik menginterpretasi makna/isi teks anekdot dengan penuh tanggung jawab (mengasosiasi)
2.      Peserta didik secara berkelompok menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah, serta makna teks anekdot. (mengomunikasikan)
3.      Secara bergantian setiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas (mengomunikasikan)
4.      Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan kelas dengan proaktif .

20 menit

20 menit


20 menit

10 menit

Penutup
1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
3.      Peserta didik menyepakati tugas portofolio, yakni mencari dan menentukan struktur dan ciri bahasa dalam teks anekdot  yang dibacanya.
10 menit 

H.
Penilaian

1.
Penilaian Proses


Lembar Pengamatan Sikap





No
Nama
Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama
Tanggung jawab
Santun
Disiplin
Menghargai orang lain
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.













Pedoman Penilaian:


Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup, 4. baik, 5. amat baik




Nilai Akhir Siswa:






2.
Penilaian Hasil



Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Struktur teks anekdot (tulis)
Tertulis
Laporan
1.  Bacalah teks anekdot yang berjudul “ Anekdot Hukum Peradilan” dalam Buku Paket Bahasa Indonesia kelas X, kemudian tentukan struktur teks tersebut!
2.  Tulis ulanglah anekdot “Anekdot Hukum Peradilan” tersebut dalam bentuk uraian monolog dengan mengubah semua kalimat tidak langsung pada dialog menjadi kalimat langsung!
3.  Bandingkan teks yang kalian buat dengan milik teman kalian . Setelah itu, perbaikilah pekerjaan kalian agar menjadi sempurna dalam hal struktur dan ragam bahasa yang diisyaratkan.
Struktur teks anekdot (lisan)
Unjuk kerja
Keterampilan berbicara
4.    Presentasikan di depan kelas, hasil diskusi kelompok terkait ciri dan struktur teks anekdot!
5.    Komentarilah hasil penampilan temanmu secara santun, kritis, dan bertanggung jawab!
Menginterpretasi makna teks (tulis)
Tertulis
Menulis
6.    Jelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan bercetak miring dalam teks anekdot yang berjudul “Anekdot Hukum Peradilan” di Buku Paket Bahasa Indonesia kelas X!
7.    Bandingkan penjelasan yang kalian buat dengan milik teman kalian . Setelah itu, perbaikilah pekerjaan kalian agar menjadi sempurna dalam hal interpretasi makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot!
Menginterpretasi makna teks (lisan)
Unjuk kerja
Keterampilan berbicara
8.     Presentasikan di depan kelas, hasil diskusi kelompok terkait dengan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot!
9.     Komentarilah hasil penampilan temanmu secara santun, kritis, dan bertanggung jawab!








Pedoman  Penilaian:

1.
Tulis Ulang Teks Anekdot


Nama
Kelas
Judul
:
:
:



Skor
Kriteria
Komentar
Isi
27-30
Sangat baik-sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda;relevan dengan topik yang dibahas




22-26
Cukup-baik:cukup menguasai permasalahan; cukup memadai;pengembangan tesis terbatas;relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci




17-21
Sedang-cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13- 16
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

Struktur  Teks
27-30
Sangat baik-sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; uritan logis(abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda) kohesif

22-26
Cukup-baik:kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis; tetapi tidak lengkap

17-21
Sedang-cukup:tidak lancar; gagasan kacau atau ytidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

KosaKata
18-20
Sangat baik-sempurna: penguasaan kata canggih;pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat

14-17
Cukup-baik: penguasaan kata memadai;pilihan, bentuk,dan penggunaan kata /ungkapan kadang-kadang salah; tetapi tidak mengganggu

10-13
Sedang-cukup: penguasaannkata terbatas sering terjadi kesalahan bentuk pilihan dan penggunaan kosa kata/ungkapan makna membingungkan atau tidaj jelas

7-9
Sangat kurang-kurang:pengetahuan tentang kosakata/ungkapan dan pembentukan kata rendah; tidak layak dinilai

Mekanik
18-20
Sangat baik-sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf

14-17
Cukup-baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna

10-13
Sedang-cukup:sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur

7-9
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan; tanda baca; penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai








Nilai Akhir Siswa:






2.
Presentasi Kelompok



Skor
Kriteria
Komentar
Argumen
27-30
Sangat baik-sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda;relevan dengan topik yang dibahas.



22-26
Cukup-baik:cukup menguasai permasalahan; cukup memadai;pengembangan tesis terbatas;relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci.



17-21
Sedang-cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13- 16
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.

Penampilan
27-30
Sangat baik-sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; uritan logis(abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda) kohesif.

22-26
Cukup-baik: cukup lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis; tetapi tidak lengkap

17-21
Sedang-cukup:tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

Bahasa
18-20
Sangat baik-sempurna: penguasaan kata canggih;pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan diksi tepat.

14-17
Cukup-baik: penguasaan kata memadai;pilihan, bentuk,dan penggunaan kata /ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu, cukup cermat dalam memilih diksi dan kosa kata.

10-13
Sedang-cukup: penguasaankata terbatas sering terjadi kesalahan bentuk pilihan dan penggunaan kosa kata/ungkapan makna membingungkan atau tidak jelas, kurang cermat memilih diksi dan kosa kata.

7-9
Sangat kurang-kurang:pengetahuan tentang kosakata/ungkapan dan pembentukan kata rendah; tidak cermat memilih diksi dan kosa kata.

Isi
18-20
Sangat baik-sempurna: sangat  menguasai materi penulisan; sudah menunjukkan kemampuan berpikir logis yang baik, sudah mencantumkan pendapat narasumber secara benar, terhindar cari unsur plagiat.

14-17
Cukup-baik: cukup  menguasai materi penulisan; sudah menunjukkan kemampuan berpikir logis, sudah mencantumkan pendapat narasumber, terhindar cari unsur plagiat.

10-13
Sedang-cukup: kurang  menguasai materi penulisan; terdapat kesalahan berpikir, sumber bacaan kurang lengkap, logika kadang-kadang  kurang dapat dipertanggungjawabkan.

7-9
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai materi penulisan; terdapat banyak kesalahan berpikir, tidak mencantumkan sumber bacaan, logika membingungkan.






Nilai Akhir Siswa:







Mengetahui,                                                                                              Lolowa’u, 14 Oktober  2017 KEPALA SMA NEGERI 1 LOLOWA’U                                                              Guru Mata Pelajaran



NOPELIUS HALAWA,S.Pd                                                                              ESTERLITA GIAWA  
Nip.196202101987031005



Komentar

Postingan populer dari blog ini

perbedaan puisi lama dan puisi baru,pengertian dan ciri-cirinya

CONTOH MEMBUAT BUKU HARIAN